Apepun sebetulnye dalam kehidupan ini adalah pembelajaran kalau kite mau belajar mencerna realita yang ade, dengan menggunekan kelebihan yang diberikan oleh sang Maha pemilik jagat raya beserta isinye Allah swt yaitu otak untuk berpikir. Namun kenyataannye kite tidak mampu memanfaatkannye secara maksimal, anak-anak kite terlalu manja dan terlalu bebas sampai2x mereka tidak mampu dan tidak mau berpikir, tidak punya inisiatif, semua berpangkal dari kebiasaan dirumah, pola asuh orang tua sejak usia dini, apapun bentuk dan kondisi kehidupan orang tua sianak. Itulah yang aku amati dari masa kemasa, dari berbagai daerah dan hasilnya tidak jauh berbeda. Dari perbincangan dengan kawan2x yang dekat maupun hanya biasa, permasalahan yang tidak pernah usai diantaranya keluhan orang tua akan berbagai kenakalan anak-anak. Berikut salah satu contoh "Udah malam baru die menyebut ade tugas, terpakse awak membuat tugas kalau tidak die menangis". "awak mengawankan die membuatnyekan?" ucapku "tidak, die main2x, nonton tv udah tu tido, awak betanggang menyelesaikan PR die". Lihatlah orang tua dengan alasan supaya anak jangan menangis, rela mengerjekan tugas anak disekolah yang dikerjekan dirumah, sementara sianak keluyuran atau nonton TV atau tidur. Besok sianak dengan bangga membawa hasil karya yang dibuat oleh orang tua mereka kesekolah dan dinilai oleh guru sebagai hasil karya anak tersebut. Dipihak guru pulak, tidak mampu melihat dengan mata hati, apakah ini benar-benar hasil kerje anak atau bukan. Pulang sekolah sianakpun bercerite ade yang bagus tapi die membeli dipasar. Kemudian orang tue yang tak mau hasil buatannye yang telah betanggang sampai pagi diremehkan anak, lalu menjawab, "inikan buatan sendiri, kawan kamu tu kan membeli". Walah apa bedanya, bukankah itu sama-sama karya orang lain. Karya sianak apa? Alangkah baiknya sianak digiring mengerjakan bersama, disini posisi orang tua hanya membantu, melunakkan gelisah anak yang tidak menemukan cara menyelesaikan masalah misalkan tugas prakarya. Sehingga saat orang tua mengucapkan kata tersebut akan menjadi pembelajaran bagi anak, untuk bereksperimen sejak dini untuk mencapai hasil terbaik. Dia akan terbiasa bertanggung jawab sejak kecil dan belajar dari kesalahan untuk memperkecil kesalahan berikutnya. Walau dalam konteks yang berbeda, saye mau mengambil salah satu contoh saat ai berselancar dengan fuzle waktu itu die masih TK, ibunye sampai tekejut saat ai melihatkan hasil selancarnye, kire2x ini ucapan sang ibu " kemaren di rumah die lame baru tau" ucap ibu yang membuat ai senyum dekat aku. Si ibu yang merupekan tutor pendidikan keaksaraan di PKBM ALC tidak tau bahwa setelah ai belajar dirumah bersame ibu, kakak dan abangnya , sianak mengulang lagi saat bermain di TBM ALC, ai sering mengutak atik permainan tersebut, biasenye aku membiarkan dulu dan sedikit intervensi kalau ai sudah mulai terbentur, sampai akhirnya die menemukan solusi dan hasil akhir dengan sempurna.
ai sedang berselancar dg fuzle dirumah oma
Fhoto koleksi Dra. Asmida, M. Pd
Dengan begitu kite mengajarkan anak untuk berpikir dan tidak cepat putus asa dalam menghadapi berbagai masalah, terlepas semue itu die belajar bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan walau sekarang dia belum tau karena masih anak-anak namun percayalah waktu yang akan menentukan. Jangan biarkan otak anak bersih, kalau tidak kelak kita akan hanya menonton kemajuan negara lain salah satunya negara Jepang, yang baru-baru ini telah pulak meluncurkan HP terbaru dalam bentuk robot kecil yang nantinye mampu mengerjekan perintah sipemiliknye antara lain menjawab sms. Dalam sambutan akhirnye, saye simpulkan "biarlah kami yang menciptakan, biar orang Indonesia membeli". Pertanyaannye sampai kapan masyarakat negara ini semua harus membeli dan sampai kapan pulak masyarakat negara ini mampu membeli; bagaimana kalau masyarakatnya tidak mempunyai kemampuan lagi untuk membeli. Akankah kite dibeli dalam berbagai arti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar